Siswa – Siswi MAN 2 Bojonegoro Ikuti Pondok Romadhon 1442 H


Kab Bojonegoro (MAN 2) – Di tengah masa pandemi semester genap 2020/2021,  siswa-siswi MAN 2 Bojonegoro kelas X dan XI wajib mengikuti kegiatan pondok romadhon (Ponrom) 1442 H. Pondok Romadhon dilaksanakan selama empat hari, mulai tanggal 23 sampai dengan 27 April 2021. Pondok Romadhon yang dilaksanakan di Masjid Ulul Albab MAN 2 Bojonegoro ini dilaksanakan terpisah antara kegiatan ponrom putra dilaksanakan tanggal 23 dan 24 April, sedangkan ponrom putri dilaksanakan tanggal 26 juni sampai dengan tanggal 27 April 2021. Opening ceremony Pondok Ramadhan dibuka oleh Bambang Wiyono selaku Kepala Madrasah, dengan mengambil tema “Membentuk Kemantapan Ubudiyah Kedalaman Spiritual dan Kemuliaan Akhlaq.

Ustadz Achmad Qorib yang juga sebagai pembina ma’had MAN 2 Bojonegoro dalam sambutanya menyampaikan kepada ponrom putra, bahwa pondok romadhon ini merupakan kesempatan berharga,  dengan tema yang diusung, paling tidak ada 3 nilai luhur yang didapat peserta, diantaranya pertama Ubudiyah  dengan materi intinya thoharoh dan sholat, ini sangat penting untuk pendalaman siswa dalam mensikapi perbedaan dalam melaksanakan ibadah, kemudian ke dua Pemantapan Spiritual dalam aktivitas sehari hari dimanapun kita berada, bukan hanya di masjid atau di kelas saja, ketika berada di masyarakat, ke dua Spiritual itu ruhnya adalah lilahi taala ibadah kepada Allah SWT semata, kemudian ketiga adalah Kemuliaan Akhlak, kita diwajibkan mentaati dan melaksanakan dengan baik, karena ini sebagai salah satu ikhtiar dalam membentuk karakter dan kebiasaan yang mulia.” jelas Qorib panggilan akrabnya. Sebelum dan sesudah sambutan tak henti hentinya qorib mengajak ponrom putra untuk memekikan kalimat Tasbih, tahmid, takbir, yang langsung diikuti seluruh hadirin yang ada di amasjid ulul albab MAN 2 Bojonegoro.

Pada pondok romadhon ini panitia telah membentuk kelompok-kelompok untuk mempermudah jalanya rangkaian kegiatan, dan juga mempermudah data pemondokan peserta ponrom. Kemudian selama Ponrom dilaksanakan seluruh peserta mendapatkan materi materi keagamaan, dan agar tidak membosankan para peserta, panitia juga  mengadakan kegiatan diskusi. Semoga kegiatan Pondok Romadhon ini, dapat  menjadikan kita menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *