Website Resmi MAN 2 Bojonegoro

Profil Sekolah

Visi dan Misi

Visi :
” Terwujudnya Generasi Muslim Yang Beriman, Bertaqwa Dan Menguasai Ilmu Pengetahuan &  Teknologi “

dengan idikator:

  1. Berprestasi dan berkompetisi sebagai generasi muslim yang berimtaq kokoh dan berakhlaqul karimah.
  2. Berprestasi dan berkompetisi dalam bidang akademik dan non akademik.
  3. Berprestasi dan berkompetisi untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi.
  4. Berprestasi dan berkompetisi dalam lomba-lomba karya ilmiah, olahraga dan seni.
  5. Berprestasi dan berkompetisi dalam penguasaan keterampilan hidup.

Misi :

  1. Melaksanakan kegiatan keagamaan dengan titik berat pada pengamalan nilai – nilai Islam dengan menerapkan standar kecakapan minimal (SKM) : sholat jama’ah, sholat dhuha, qiyamul lail, dan pelatihan-pelatihan praktis keagamaan (tartil Qur’an, penterjemahan Al-Qur’an, pelatihan muballigh – khitobah, dll).
  2. Mengoptimalkan tertib pembelajaran dan bimbingan serta motivasi belajar kepada siswa untuk memperoleh prestasi UN/masuk PTN/PTS dengan penajamman mata pelajaran Mafikib dan Agama dengan melaksanakan, matrikulasi, bimbel intensif, pengayaan, perbaikan dan atau klinik mata pelajaran.
  3. Meningkatkan SDM madrasah dengan pelatihan profesionalitas dan pelatihan kreatifitas guru/TU/Waka dan Kepala Madrasah
  4. Mengoptimalkan program pengembangan diri dalam kegiatan ekstra kurikuler dengan menitikberatkan pada penguasaan bahasa asing (Inggris-Arab), pembinaan team olah raga prestasi, klub-klub seni islami, kelompok KIR, pramuka, PMR dan jurnalistik praktis.
  5. Melaksanakan program kerjasama lintas lembaga dengan menjalin kerja sama dibidang keterampilan skill dengan sistem pelatihan, dan penambahan jam intra meliputi keterampilan tata busana, elektro,  komputer multi media dan otomotif sebagai program pengembangan life skill.

Tujuan Pendidikan Madrasah :

  • Mepersiapkan peserta didik agar menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlaqul-karimah sehingga berperilaku sesuai dengan ajaran Islam dalam beribadah maupun berhubungan sosial.
  • Meningkatkan pengamalan agama Islam yang terangkum dalam semboyan SENSASI IQAMPUS yaitu, akronim dari Senyum, Salam, Silaturahim, Iqro’, Amanah, Puasa (sunnah), Sholat (sunnah), Sholat berjama’ah dan Suci dalam Pikiran Perkataan dan perbuatan.
  • Meningkatkan mutu pembelajaran dengan berbasis Teknologi Informasi secara logis, kritis, kreatif dan inovatif , efektif, efisien, transparan, dan akuntabel secara bertahap serta menyesuaikan dengan perkembangan iptek.
  • Meningkatkan rata – rata capaian nilai hasil Ujian Nasional sebesar 5 poin ( skala 0 – 100 ) setahun.
  • Meningkatkan capaian nilai hasil Ujian Madrasah minimal 7,00 setiap mata pelajaran pada tahun 2018 dan meningkat 5 poin ( skala 0 – 100 ) untuk tahun–tahun berikutnya
  • Tercapainya kelulusan 100 % dan diterima di Perguruan Tinggi 75 % dari jumlah lulusan tahun 2018, dan meningkat minimal 5% untuk tahun-tahun berikutnya.
  • Diterima di PTN sebesar 45% dari pendaftar untuk lulusan tahun 2018.
  • Meningkatkan perolehan prestasi : olimpiade mapel di tingkat Kabupaten lomba KIR di tingkat Propinsi, lomba seni Islami di tingkat Propinsi dan olah raga di tingkat Propinsi bahkan hingga tingkat Nasional.
  • Meningkatkan mutu pendidikan ketrampilan meliputi: tata busana, elektronika (perawatan dan perbaikan peralatan listrik rumah tangga), otomotif (perawatan dan perbaikan sepeda motor, sehingga mampu menghasilkan siswa yang terampil, produktif dan mampu memberikan layanan jasa yang sesuai kebutuhan masyarakat (dunia usaha / industri).
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks, menganalisis  gejala alam, sosial, mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri, mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya.

Sejarang Singkat

Bermula dari keinginan kuat masyarakat kota Bojonegoro dan Pemerintah untuk menciptkan masyarakat yang cerdas dan beriman sebagai modal dasar membangun bangsa ke depan, tahun 1950 Departeman Agama mendirikan Sekolah Guru Agama Islam Negeri.

Meskipun belum mempunyai gedung sendiri, karena kuatnya tekat Pemerintah dan masyarakat, pendidikan tetap dilangsungkan di rumah-rumah masyarakat. Hal ini berlangsung sampai tahun 1953. Pada tahun 1953 Menteri Agama mengeluarkan keputusan Nomor 35 tahun 1953 SGAN berubah nama menjadi PGAN 4 Tahun yang dinahkodai secara bergantian oleh Bapak R. Doelpakansi (1951-1953), Bapak R. Ngabdullah Soemosegondo (1954), Bapak Said Marzuq (1955) dan Bapak Abu Arifaini (1955-1962). Seiring dengan perkembangan zaman pada tahun 1963 PGAN 4 Tahun disempurnakan menjadi PGAN 6 Tahun. Tampuk kepemimpinan dipegang oleh Bapak Djalal Rosjidi, BA (1963-1980). Pada masa inilah ada sejarah baru, sekolah yang semula menempati rumah masyarakat kini menyewa gedung LP. Maarif pudat di Jalan A. Yani No. 10. Terhitung sejak tanggal 16 Maret 1978 PGAN Bojonegoro 6 Tahun berubah nama menjadi PGAN Bojonegoro. Sepeninggal Bapak Djalal Rosyidi, BA kepemimpinan dijabat oleh Bapak H. Ahmad Wibisono, SH (1980-1989).

Dalam rentang dijabat oleh Bapak H. Ahmad Wibisono, SH tepatnya tahun 1981, PGAN mengukir sejarah baru. Atas bantuan pemerintah dan partisipasi masyarakat (BP3), PGAN mampu membeli lahan yang terletak di Jalan Monginsidi No. 158. di penghujung 1989 Bapak Ahmad Wibisono, SH purna tugas kemudian diganti oleh Bapak Drs. Tauhid (1989-1995). Lagi-lagi sejarah perjalan PGAN Bojonegoro mengalami perubahan yang signifikan, berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI No. 64 tahun 1990, PGAN dialih fungsikan menjadi MAN Bojonegoro 2 akhirnya menjadi MAN 2 Bojonegoro. Semenjak beralih fngsi menjadi MAN 2 telah mengalami regenerasi secara alamiah mlai dari Bapak H. Tauhid Anwar (1988-1995), Bapak H. Diman Nasihin (1995-2000), Bapak H. Munandar (2000-2005), Bapak Drs. H. Imam Ahmad, M. Si (2005-2010), Bapak H. Mashad, dan H. Mokh. Mas Ulin, M.PdI (2010 – 2011), Drs. Agung Hidayatullah, M. Pd. I (2011 – 2013), dan Drs. H. Khoirussalim, M.Pd.I (2013 – Sekarang).

MAN 2 sebagai sekolah menengah umum yang bercirikan keagamaan dalam memberikan layanan pendidikan kepada masyarakat juga menawarkan pengembangan program keterampilan sejak tahun 1995. Beberapa program keterampilan yang dikembangan adalah Tata Busana, Elektro, dan Otomotif (Motor Cycle).

Menyongsong era indsutrialisasi migas, MAN 2 Bojonegoro semakin eksist dan berkibat, maju pesat menyongsong Bojonegoro Bangkit, Siap menjadi Generasi Muslim yang Prestatif dan Kompertitif.

Sarana & Prasarana

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro :

  1.  Kelas X-IIA (3 Ruang Kelas)
  2. Kelas X-IIS (4 Ruang Kelas)
  3. Kelas X-IIB (1 Ruang Kelas)
  4. Kelas X-IIG (1 Ruang Kelas)
  5. Kelas XI-IIA (4 Ruang Kelas)
  6. Kelas XI-IIS (4 Ruang Kelas)
  7. Kelas XI-IIB (1 Ruang Kelas)
  8. Kelas XI-IIG (1 Ruang Kelas)
  9. Kelas XII-IIA (4 Ruang Kelas)
  10. Kelas XII-IIS (5 Ruang Kelas)
  11. Kelas XII-IIB (1 Ruang Kelas)
  12. Kelas XII-IIG (1 Ruang Kelas)
  1.  Ruang Kepala Sekolah
  2.  Ruang Tata Usaha
  3.  Ruang Lobi
  4.  Ruang Guru
  5.  Ruang Osis
  6.  Ruang BK/BP
  7.  Ruang Piket
  8.  Ruang Gudang
  9.  Ruang Satpam
  10.  Ruang UKS
  11.  Ruang Seni
  12.  Ruang Puskom
  1.  Lab Komputer
  2.  Perpustakaan
  3.  Masjid
  4.  Green House
  5.  Parkir
  6.  WC Guru
  7.  WC Laki-laki
  8.  WC Perempuan
  9.  Koperasi
  10.  Kantin
  11.  Lapangan Olahraga
  12.  Panggung Terbuka

Struktur Organisasi

Struktur organisasi sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro:

Kepala Sekolah

Drs. H. Khoirussalim, M.Pd.I.  adalah kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Bojonegoro yang ke 14 sejak berdirinya sekolah ini pada tahun 1950. Lahir di Kab. Lamongan pada tahun 1966. Menghabiskan masa kecil sampai selesai tingkat Madrasah Aliyan Negeri Denanyar Jombang. Jurusan Bahasa Inggris di IKIP PGRI Bojonegoro pada tahun 1990. Magister Pendidikan Islam diselesaikannya pada tahun 2004 di Universitas Darul ‘Ulum Jombang .

Program Kerja

Program Unggulan

Program Keterampiln:

  1. Keterampilan Teknik Sepeda Motor
  2. Keterampilan Teknik Elektro
  3. Keterampilan Tata Busana

Prestasi Siswa

Prestasi di Bidang Akademik :